RSUP Kandou Gelar Sosialisasi Kesehatan Terkait Penyakit Diabetes

Thu, 17 Jun, 2021


RSUPKANDOU.COM --Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Dr RD Kandou Manado, melalui Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran, Rabu (16/06/2021) menggelar penyuluhan kesehatan terkait penyakit Diabetes di ruang tunggu poliklinik poli bedah RSUP Kandou.

dr. Ade John Nursalim, MM, MARS, Sp.M, sebagai narasumber pada kegiatan tersebut mengatakan penyakit Diabetes bisa berdampak pada mata dengan gejala penglihatan kabur, Floaters, Kehilangan penglihatan progresif tanpa nyeri.

"Kerusakan retina akibat diabetes dapat mengenai 50% pasien diabetes mellitus dalam waktu 10 tahun dan 90% pasien diabetes mellitus dapat terkena penyakit retina dalam waktu 30 tahun jika tidak di tangani dengan baik. Faktor risiko lain seperti gula darah yang tidak terkontrol, kehamilan, tekanan darah tinggi, gangguan ginjal, merokok dan sebagainya dapat meningkatkan risiko terkenanya kerusakan retina akibat diabetik." Jelas dr Ade John Nursalim sembari menambahkan Kerusakan mata akibat diabetic dapat di cegah.

"Pengetahuan yang baik akan penyakit ini di harapkan dapat meningkatkan kualitas penglihatan dan kualitas hidup masyarakat" ujar dokter mata di divisi vitreoretina, Poliklinik mata RSUP Prof. dr. R D Kandou Manado.

Sementara Kepala Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran, dr Sekplin, Sekeon, Sp.S, MPH. memberikan apresiasi kepada pengunjung rumah sakit yang mengikuti materi edukasi dengan serius.

"Kami instalasi promosi kesehatan dan pemasaran RSUP Kandou Manado menyampaikan terima kasih atas waktu dan kesempatannya. Semoga kegiatan hari ini dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan bapak ibu dalam bidang ilmu kesehatan mata"Pungkasnya. (Hukormas)