RSUP Kandou manado Gelar Webinar Interprofessional Collaboration

Tue, 27 Jul, 2021


RSUPKANDOU.COM -.RSUP Prof Dr R.D Kandou Malalayang Manado melaksanakan Webinar Interprofesional Collaboration dengan tema current management of Retinopathy of Prematurity (ROP), Sabtu (24/7/2021).

Pembicara pada kegiatan kali ini, yakni Prof dr. RIta Sita Sitorus, Sp.M(K) PhD, Dr. dr Vera Sumual, Sp.M(K) , Dr . dr. Rocky Willar, Sp.A(K), Dr. dr. Johnny Rompis, Sp.A(K) dan sebagai moderator dr. Eugeni Sumanti, Sp.M(K) serta Ketua panitia dr Novanita Satolom, Sp.M(K) berperan sebagai Master of Ceremony yang memulai ini acara dengan doa.

Setelah doa, acara kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars RSUP Kandou. Setelah itu acara secara resmi dibuka oleh sambutan Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Prof dr R D kandou Dr. dr Jimmy Panelewen, SpB KBD yang diwakili oleh Direktur Pelayanan Medik dr.Jehezkiel Panjaitan.

Moderator kemudian memulai sesi untuk Masing-masing pembicara membawakan materi yang sesuai dengan kompetensinya.

Dr. dr. Johnny Rompis, Sp.A(K) membawakan materi mengenai perawatan bayi prematur sedangkan Dr . dr. Rocky Willar, Sp.A(K) membawakan materi mengenai komplikasi dari bayi prematur
Prof dr. RIta Sita Sitorus, Sp.M(K) PhD, membawakan materi mengenai penapisan (screening) bagi bayi prematur Dr. dr. Vera Sumual, Sp.M(K) membawakan materi mengenai tata laksana dari retinopathy of prematurity.

Acara yang juga di sertifikasi oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Persatuan perawat nasional Indonesia (PPNI) ini Dihadiri oleh sekitar 400-an orang yang berasal dari tenaga kesehatan terutama dokter dan perawat.

Setelah selesai penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang berlangsung meriah.Pertanyaan dari berbagai macam daerah di Indonesia bermunculan dan sebagian besar memang merupakan kendala-kendala yang ada di lapangan, misalnya minimnya tenaga kesehatan dan jauhnya lokasi pelayanan kesehatan dari fasilitas kesehatan rujukan.

Webinar Kemudian menjadi sarana untuk berdiskusi antar profesional tenaga kesehatan mengenai peran masing-masing petugas pemberi asuhan dan merumuskan berbagai macam solusi dalam hal tatalaksana bayi prematur dan manajemen dari retinopathy of prematurity.

Melalui webinar ini para pembicara juga menekankan pentingnya kolaborasi antara dokter dan perawat dalam tatalaksana bayi prematur dan penapisan pasien retinopathy of prematurity.

Berbagai macam media teknologi seperti telemedicine dan konsultasi melalui media daring bisa menjadi salah satu alternatif terutama dalam masa pandemi ini. Diharapkan melalui webinar ini Performa dari kolaborasi interprofesional dapat semakin ditingkatkan terutama untuk tatalaksana retinopathy of prematurity tetapi juga dalam bidang lain yang terkait.

Rumah Sakit sebagai pusat pelayanan kesehatan yang terdiri dari berbagai macam profesi dapat bekerjasama dalam satu upaya kolaborasi ini.Acara Dilanjutkan dengan doa tutup oleh sekretaris panitia webinar dr Elbetty Simanjuntak, M. Biomed, Sp.M.

Ketua kelompok staf medik (KSM) Ilmu Kesehatan Mata RSUP Kandou Dr dr Vera Sumual, Sp.M(K) menutup acara ini dengan memberikan ucapan terima kasih kepada segenap panitia, dewan direksi RSUP Kandou dan jajarannya, kepala departemen Ilmu kesehatan mata RSCM/Universitas Indonesia, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, tim dari instalasi SIMRS, Instalasi promosi kesehatan dan pemasaran rumah sakit dan HUMAS, IDI Provinsi Sulawesi utara, PERDAMI, IDAI, para residen Dan semua pihak terkait yang telah bekerjasama untuk mensukseskan acara ini.

Dokter Vera juga berharap agar kegiatan semacam ini dapat berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan pasien safety.(Hukormas)