Instalsasi Promkes RSUP Kandou Gelar Edukasi Kesehatan di SDN 1 Bongkudai Barat Boltim

Sun, 24 Oct, 2021


RSUPKANDOU.COM-Salah satu program dari Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP Prof.Dr. R.D. Kandou Manado adalah pemberian pelayanan lewat edukasi kesehatan kepada masyarakat yang ada di rumah sakit maupun yang ada diluar rumah sakit

Salah satunya terlihat pada hari Jumat, 22 Oktober 2021 Tim Instalasi Promkes yang dikomandoi oleh dr. Sekplin Sekeon,Sp.S.MPH, bersama para Narasumber drg. Tri Budi Utami, M.M.Kes, Sp.KGA, dr. Victor Joseph,Sp.JP(K) dan Tim Promkes lainnya menggelar Edukasi Kesehatan di SDN 1 Bongkudai Barat Kecamatan Modayag Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dengan materi tentang Kesehatan Gigi pada Anak, Kesehatan Jantung pada Anak dan Stroke pada Anak.

Direktur utama lewat Kepala Instalasi Promkes RSUP Kandou dr. Sekplin Sekeon, Sp.S.MPH menyampaikan Kegiatan Edukasi kesehatan seperti ini bertujuan untuk peningkatan kualitas Rumah Sakit Umum Pusat Prof Dr R .D Kandou Manado, khususnya di Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran Rumah Sakit.

“Ini juga untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman pentingnya kesehatan untuk tercapainya perilaku kesehatan sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan fisik, mental dan sosial, sehingga produktif secara ekonomi maupun sosial,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN 1 Bongkudai Barat Kecamatan Modayag Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Febrina Modeong, SPd didampingi Kepala Puskesmas Kecamatan Modayag Nurnanengsi Mamonto, Amd.Keb,SAB dan staf pengajar lainnya memyampaikan rasa terima kasih yang sebesar besarnya kepada pihak Promkes.

“Saya sebagai pimpinan di SDN 1 Bongkudai Barat sangat berterima kasih sekali kepada Tim Promosi Kesehatan RSUP Kandou yang sudah datang jauh-jauh dari Manado dan berkunjung ke sekolah kami untuk melakukan edukasi kesehatan kepada anak-anak didik kami dan juga guru-guru yang ada disekolah kami, dan tentunya ini sangat bermanfaat sekali karena para murid dan guru yang ada disini boleh mendapat pengetahun tetang kesehatan dan boleh berkonsultasi secara gratis
dengan para dokter Spesialis yang sangat baik dan ramah,” ucap Kepsek.

Kegiatan edukasi kesehatan yang berlansung meriah dari pukul 08.00 – 11.00 Wita diikuti oleh 66 siswa Sekolah Dasar dan 13 tenaga pendidik serta Kepala Puskemas diwilayah setempat. Para murid serta guru sangat antusias dan aktif dalam mengikuti setiap materi materi yang disampaikan oleh para narasumber

Hal ini terlihat dari beberapa murid saat Master of Ceremony Christian Modeong,S.I.Kom bersama drg.Tri Utami dan tim promkes mempersilahkan untuk maju kedepan dan mencoba memperagakan cara menyikat gigi serta cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Usai memperagakan, para murid dan juga guru- guru langsung dibagikan gimik oleh tim promkes berupa masker, handsanitaiser, sabun mandi dan sikat gigi serta odol,
selain itu juga sebuah plakat dari RSUP Kandou yang diserahkan langsung oleh Kepala Instalasi Promkes kepada Kepala Sekolah sebagai cendramata atas kunjungan Tim promkes RSUP Kandou Manado ke SDN 1 Bongkudai Barat Boltim.

Dipenghujung acara, dr.Victor Joseph,Sp.JP(K) mewakili instalasi promosi kesehatan dan pemasaran Rumah Sakit Kandou Manado menutup kegiatan Dengan mengucapkan terima kasih kepada Direktur Utama RSUP Kandou Manado Dr.dr.Jimmy Panelewen, Sp.B- KBD, Direktur SDM Pendidikan dan Umum Dr.dr.Ivonne Elisabeth Rotty,M.Kes, Direktur Pelayana Medik dan Penunjang dr.Jehezkiel Panjaitan, Plt. Direktur Perencanaan Keuangan dan BMN yang telah mendukung sepenuhnya kegiatan edukasi kesehatan ini juga kepada Sekolah SDN 1 Bongkudai Barat Kecamatan Modayag Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan juga kepada puskesmas Kec Modayag Barat yang menerima kunjungan dari tim promkes Kandou dan telah ikut berpartisipasi dalam acara edukasi kesehatan ini.(Hukormas)