Kegiatan Validasi Indikator Mutu RSUP Kandou

Thu, 15 Apr, 2021


RSUPKANDOU.COM, MANADO -- Setiap tahun Direktur Utama RSUP Prof Dr. R.D. Kandou Manado menentukan indikator mutu rumah sakit yang digunakan sebagai variable untuk mengukur suatu perubahan perbaikan dengan menggunakan instrument yang tepat. Indikator mutu rumah sakit terdiri dari 13 indikator nasional dan 14 indikator prioritas RSUP Prof Dr. R.D. Kandou. Untuk menjamin bahwa data yang dikumpulkan merupakan data yang baik dan bermanfaat, maka perlu dilakukan suatu proses validasi data internal terhadap data indikator mutu rumah sakit. Data yang sudah divalidasi selanjutnya dapat dianalisis, dilakukan perbandingan baik secara internal antar unit maupun dengan rumah sakit lain yang setara, serta dapat dipublikasikan baik melalui web rumah sakit maupun melalui buletin rumah sakit.

Bedasarkan hal tersebut, RSUP Prof Dr. R.D. Kandou Manado melakukan validasi data indikator mutu RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado tahun 2021 pada bulan April 2021, yang dilaksanakan oleh Komite Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien Bersama penguml data pertama, validator, kepala ruangan dan kepala instalasi dan difasasilitasi oleh Kepala Instalasi Rekam Medis. Pelaksanaan validasi indikator mutu bukanlah hal yang baru untuk RSUP Prof Dr. R.D. Kandou Manado, kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh rumah sakit, bila ada indikator mutu rumah sakit yang baru. Validasi data dilaksanakan dengan menggunakan metode Moderated Regression Analysis (MRA), dimana mencari nilai kesepakatan dari Numerator (E), Denominator (D), dan Eksklusi (B), antara Pengumpul Data pertama dan validator.

Apabila diperoleh nilai kesepakatan ? 90%, maka data yang dikumpulkan dapat dikatakan akurat (valid) dengan tingkat akurasi. Validasi yang dilaksanakan kali ini memperoleh hasil 99,2%, sehingga data indikator mutu rumah sakit tahun 2021 sudah valid untuk dilakukan analisa.(Hukormas)