PERHUMASRI TERUS LAKUKAN TRANSFORMASI

Fri, 29 Jul, 2022


RSUPKANDOU.COM, MANADO--Rumah sakit selain sebagai pusat pelayanan kesehatan bagi masyarakat juga memiliki nilai bisnis, oleh karena itu disituasi saat ini pasca pandemi Covid-19, Rumah Sakit memerlukan Humas Rumah Sakit yang kompeten dalam membangun kembali reputasi institusi guna mendukung pertumbuhan bisnis rumah sakit.
Profesionalisme Sumber Daya Manusia Kehumasan Rumah Sakit akan terus melakukan perubahan kearah yang lebih baik dalam menghadapi perubahan perilaku pasien, perkembangan teknologi informasi dan transformasi kesehatan.
Sehubungan dengan hal ini maka PERHUMASRI sebagai organisasi profesi Humas Rumah Sakit menyelenggarakan seminar dan lokakarya nasional sebagai upaya meningkatkan kompetensi dan profesional Humas dengan menggusung Tema "Strategi Humas & Pemasaran Dalam Transformasi Kesehatan Untuk Rumah Sakit Tumbuh Berkelanjutan."

Berkumpul sebanyak 124 peserta seminar nasional yang terdiri dari humas dan juga direktur rumah sakit dari berbagai daerah di Indonesia termasuk dua orang peserta yang diutus RSUP Kandou Manado yakni Dr.dr.Ivonne Elisabeth Rotty, M.Kes selaku Direktur SDM Pendidikan dan Umum, dan salah staf Hukormas Christian Modeong, S.I.Kom ikut mensukseskan kegiatan seminar nasional di hotel Ashley Wahid hasyim Jakarta (22 - 23 Juli 2022).Hotel Ashley Wahid Hasyim Jakarta.
Acara dibuka oleh Wakil Menteri Kesehatan RI dr.Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD, KEMD, Ph.D pukul 08.00 Wib. Dalam sambutannya mengatakan peran humas adalah sebagai bagian dari sinyal komunikasi antara stakeholder internal dan eksternal, dimana stakeholder internal itu adalah para medis dirumah sakit dan stakeholder eksternal adalah masyarakat.disitulah peran rumah sakit bagaimanakah memainkan perannya sehingga rumah sakit dapat berkiprah dimasyarakat, dan peran medis di rumah sakit bisa senang dengan melakukan pelayanan kesehatan.
Ditambahkan pula bahwa salah satu pilar yang penting didalam sistem kehumasan adalah sistem pelayanan transformasi sistem layanan rujukan dan tarnsformasi tehnologi kesehatan karena bagimana kita bekerja saat ini,dengan bagaimana kita bekerja pada masa lalu.

Dimana sistem marketing layanan pada masa lalu model konvensional telah berubah digantikan dengan pelayanan model digital. oleh Karena itu perubahan – perubahan yang telah diatur dengan profesionalisme individual, profesionalisme institusional, dan profesionalisme Nasional akan menjadi bagian blend yang harus dibangun dengan era Digital yang terus berkembang.
Sementara itu Plt. Dirjen Yankes drg. Murti Utami, MPH,QGIA lebih menekan kepada transformasi layanan rujukan yang harus dikembangkan, dimana humas untuk tetap menjadi media untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa akses dari pelayanan ini terus dikembangkan. Selain itu juga trust building itu penting, karena kita memberikan informasi sebaik-baiknya apabila lawan bicara kita tidak percaya pada kita, maka apa yang kita akan sampaikan? Oleh karena itu trust itu akan terus dibangun diinternal dirumah sakit dimana tempat kita bekerja dan stakehorlder yang ada diluar, ini sangat penting karena, apa yang kita lakukan itu harus bisa memberikan dampak yang baik. dan trust tidak boleh diabaikan karena didalam membangun trust humasri bisa memiliki kompetensi dan tersertifikasi.

Oleh karena drg Murti Utami mengingatkan kepada teman-teman Humasri untuk terus meningkatkan kompetensi, dan melakukan personalisasi karena itu adalah image kita termasuk juga integritas.
Disisi lain Ketua Umum PERHUMASRI Anjari Umarjiyanto mengajak agar kita Perhumasri untuk menjadi garda terdepan atau bagian dari lokomotif transformasi kesehatan yang digagas oleh kementerian kesehatan dan berharap menjadi kolaborator dari program kemenkes dan PERSI dalam hal teransformasi kesehatan kedepan dan tetap menjaga mutu layanan.

Usia pembukaan dilanjutkan dengan materi seminar dan workshop ayng sangat menarik dengan menghadirkan para narasumber yang sangat berkompeten dibidangnya yakni Direktur Eksekutif KARS,Dr. dr. Soetoto, M. Kes,- Direktur Umum LARS DHP dr. R. Heru Ariyadi, MPH,- Direktur Eksekutif LARS, dr. Hanibal Hamidi, M.Kes,- Ketua Umum LAM KPRS,dr. Andi Wahyuningsih Attas,Sp.An, KIC, MARS,- Ketua Umum LARSI,dr. Umi Sjarkiah, Sp. KFR, MKM,- Ketua Umum LAFKI,dr. M. Frits Rumintjap, Sp. OG (K), MARS, dan Ketua Umum PERHUMASRI Anjari Umarjiyanto.(ch*)