September Mendatang,RSUP Kandou Jadwalkan Pelayanan Transplantasi Ginjal Perdana

Thu, 04 Aug, 2022


RSUPKANDOU.COM, MANADO - RSUP Kandou merencanakan akan membuka pelayanan Transplantasi Ginjal perdana di bulan September mendatang, Pengembangan pelayanan transplantasi ginjal ini sebenarnya sudah di rencanakan dari tahun sebelumnya, namun karena terkendala covid-19 maka rencana ini di undur dan baru dapat kami lanjutkan lagi saat ini, hal ini disampaikan Direktur Medik Penunjang dan Keperawatan RSUP Kandou Manado dr Jehezkiel Panjaitan,SH, MARS, Rabu (03/08) selesai memimpin rapat bersama tim Medis.
” Rencana pelayanan transplantasi ginjal ini dilakukan pada September mendatang dan tim medis sudah siap melaksanakan ini. Karena ini perdana, pelayanan transplantasi ginjal, nantinya ada kerjasama pendampingan dari RSCM Jakarta dan lainnya,” kata Panjaitan.

Menurut Panjaitan terobosan baru ini dilakukan untuk perkembangan Rumah sakit, juga untuk meningkatkan pelayanan yang prima bagi pasien, RSUP Prof Dr RD Kandou
” Kebetulan kasus di
Sulut,Gorontalo,Sulteng,Maluku bahkan Maluku Utara kan banyak, sehingga kami berupaya meningkatkan kualitas hidup diantaranya transplantasi ginjal. Untuk itu kami mengarah kesana karena banyak yang menginginkan pelayanan transplantasi ginjal tersebut,” ujarnya.

Selain itu, kata Panjaitan pihaknya akan terus mematangkan kesiapan ini agar pengembangan transplantasi ginjal tidak menemui hal yang bertentangan dengan aturan.

“Ini tidak mudah selain penerima ginjal, harus disiapkan juga donor oleh mereka. Jadi Kami juga harus berhati-hati dalam melakukan ini dalam hal regulasi dari sisi status hukumnya seperti apa bahkan sampai pada kesiapan pelayanannya,” terang Panjaitan selaku penanggung jawab tim.(qq)