Direktur SPU RSUP Kandou Ivonne Rotty Buka Diklat Bagi Mahasiswa Unsrat

Wed, 15 Mar, 2023


RSUPKANDOU.COM, MANADO--"Selamat datang bagi seluruh peserta Diklat di RSUP Kandou, selamat bergabung dan berinteraksi juga selamat beradaptasi dengan seluruh pegawai organik ,dengan mengikuti semua regulasi yang ada di RSUP Kandou Manado"

Hal tersebut disampaikan Direktur SDM Pendidikan dan Umum RSUP Prof Dr R.D Kandou Manado, Dr,dr Ivonne.E.Rotty,M.Kes, saat membuka Pelatihan Bantuan Hidup Dasar(BHD, Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien(PMKP), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi(PPI), Kesehatan dan Keselamatan Kerja Rumah Sakit(K3RS), dan Covid-19, bagi mahasiswa program studi profesi dokter, dokter gigi dan Ners Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado, Rabu (15/03/2023) di aula Kantor pusat Administrasi RSUP Kandou.

Dokter Ivonne mengatakan salah satu syarat dari rumah sakit yang terakreditasi adalah bagi siapapun yang akan melakukan magang ataupun praktek di RSUP Kandou akan diawali dengan pelatihan dan orientasi terkait dengan BHD, PMKP, PPI,K3RS dan Covid 19.

Untuk itu dokter Ivonne meminta kepada peserta didik agar dapat menjaga nama baik Universitas Sam Ratulangi Manado dan RSUP Kandou sebagai Institusi yang akan menjadikan mereka memiliki dan menggappai kompetensi.

"Selama berpraktek jaga komunikasi baik sesama tenaga kesehatan maupun terhadap pasien.Karena komunikasi sangatlah penting untuk pelayanan kesehatan yang baik," tuturnya.

Ditegaskannya bahwa dalam pelatihan ini tidak diperkenankan ada istilah "bully" atau ada tindakan kekerasan prilaku senior terhadap junior.

"Senior dan yunior dalam proses pendidikan memang ada, tetapi sikap bully dan kekerasan fisik terhadap junior itu tidak ada,"tegasnya.

Sementara Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Unsrat, dr Carla Kairupan Ph.D dalam sambutannya mengatakan kegiatan Diklat ini merupakan awal dari kegiatan Mahasiswa di RSUP Kandou yang merupakan rumah sakit pendidikan utama,dengan tujuan pelayanan kesehatan yaitu kesehatan dan keselamatan pasien (masyarakat -red).Tentunya selain untuk keselamatan pasien masyarakat yang dilayani, tetapi juga untuk keselamatan tenaga kesehatan dan semua petugas yang ada di RSUP Kandou.

Dirinyapun mewakili pimpinan Unsrat berterima kasih kepada pihak RSUP
Kandou atas semua persiapan yang sudah dilakukan untuk kepentingan mahasiswa, sehingga melanjutkan pendidikan profesi di RSUP Kandou.

"Kami berharap mereka bisa menggapai cita cita sesuai dengan kompetensinya masing masing dan bisa menjadi tenaga kesehatan yang handal bagi masyarakat,"katanya.

Untuk diketahui RSUP Kandou sudah memiliki aplikasi E-SILAHKAN (Sistim Informasi Pelatihan Kandou) dimana semua proses Diklat akan termonitor dalam aplikasi tersebut.

Adapun kegiatan ini akan dilaksanakan tanggal 15 sampai dengan 17 dan tanggal 20 sampai dengan 21 juga 24 Maret 2003 dikarenakan ada tanggal merah dan cuti bersama.

Sementara pelatih dan fasilitator dalam Diklat ini berasal dari RSUP Kandou, Fakultas Kedokteran Unsrat Manado dan Pemadam Kebakaran Manado yang sudah berkompeten dan memiliki kemampuan kediklatan dan memahami tehnik mengajar dan melatih.

Turut hadir Koordinator Diklat dr Hanry Takasenseran, Kepala Instalasi Diklat dr Reamur Moody Rawung,M.Kes, MTh. Ketua Komkordik yang diwakili dr Angel Wagiu Sp.B.*(Hukormas)