Promkes RSUP Kandou Gelar Edukasi Kesehatan Terkait Kanker Serviks

Wed, 24 May, 2023


RSUPKANDOU.COM, MANADO--Kanker serviks adalah salah satu penyakit yang perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah. Sebagai penyelenggara pelayanan kesehatan RSUP Prof Dr R.D Kandou Manado turut melakukan terobosan untuk menekan berkurangnya penderita kanker serviks. Melalui Instalasi Promosi Kesehatan (Promkes), Rabu (24/05/2023), menggelar sosialisasi kesehatan yang berkaitan dengan penyakit tersebut ,

Kegiatan yang berlangsung di ruang tunggu Poli Bedah diikuti oleh pasien,keluarga pasien serta pengunjung rumah sakit lainnya.

Sementara dalam kegiatan yang di pandu Mc Christian Modeong,S.I.Kom , menghadirkan narasumber, dr Bella Aprilia,SpOG.

Dokter Bella mengatakan faktor risiko yang berkontribusi terhadap perkembangan kanker serviks. Salah satunya adalah infeksi human papillomavirus (HPV), dirinya menegaskan pentingnya vaksinasi HPV untuk mencegah infeksi dan perkembangan kanker serviks pada perempuan. Selain itu, kebiasaan merokok, aktivitas seksual yang tidak sehat, kekebalan tubuh yang lemah, dan riwayat keluarga juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker serviks

Lebih jauh dokter Bella menjelaskan mengenai langkah-langkah pencegahan yang dapat diambil untuk mengurangi risiko terkena kanker serviks, perempuan harus rutin menjalani pemeriksaan Pap smear secara rutin guna mendeteksi dini perubahan sel-sel serviks yang abnormal.

"Vaksinasi HPV dan praktik seks yang aman wajib dalam upaya pencegahan kanker serviks,"terangnya.

Sementara bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lanjut terkait kanker serviks,agar dapat menghubungi Instalasi Promkes RSUP Kandou Manado.(Hukormas)