Tim Dokter Jantung Anak RSUP Kandou, Berhasil Lakukan Operasi VSD SADC pada Balita Usia 1 Tahun 3 Bulan

Sat, 03 Aug, 2024


RSUPKANDOU.COM, MANADO - Tim dokter jantung anak dari RSUP Prof. dr. R. D. Kandou diantaranya Dr. David Waworuntu, Sp.A(K), DR. Dr. David Kaunang, Sp.A( K), tim Dokter lainnya, Dokter dan tim Anestesi, tim keperawatan, tim penunjang) RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado, Jumat (01/08) kembali mencatatkan sejarah dengan keberhasilan melakukan operasi pada balita usia 1 tahun 3 bulan yang mengalami kelainan jantung bawaan tipe Ventricular Septal Defect (VSD) subaortic doubly committed (SADC). Kelainan ini dikenal sangat sulit untuk dilakukan tindakan intervensi.

Balita tersebut telah mengalami gangguan pertumbuhan yang signifikan akibat kelainan jantung yang diidapnya. Setelah melalui berbagai pemeriksaan dan evaluasi, tim dokter memutuskan untuk melakukan prosedur transcatheter closure, yang dikenal sebagai penutupan jantung bocor, untuk menangani VSD SADC.

"Operasi ini merupakan salah satu kasus tersulit yang pernah kami tangani. Namun, berkat tuntunan Tuhan, MujizatNYA nyata,  kerja keras dan dedikasi tim, serta dukungan teknologi medis terbaru, kami berhasil melaksanakan prosedur ini dengan sukses," ujar Dr. dr. David Kaunang. 

Prosedur transcatheter closure dilakukan dengan menggunakan kateter untuk menutup lubang pada septum ventrikel tanpa perlu melakukan operasi terbuka. Metode ini tidak hanya meminimalkan risiko komplikasi, tetapi juga mempercepat proses pemulihan pasien.

Dr dr David Kaunang menambahkan, bahwa Keberhasilan ini merupakan bukti komitmen kami dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik dan inovatif bagi masyarakat. 

"Kami berharap keberhasilan ini dapat memberikan harapan baru bagi anak-anak dengan kelainan jantung bawaan lainnya, sehingga jantung anak indonesa sehat",ungkapnya dengan penuh kegembiraan.

Dirinyapun berterima kasih Kepada Direktur Utama RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou DR.Dr. Ivonne E. Rotty MKes. , bersama seluruh Dewan Direksi serta segenap Civitas Hospitalia atas supportnya dan 

"Terima kasih kepada pasien, orang tua serta keluarga dan Seluruh Masyarakat atas kepercayaan yang diberikan kepada kami "tutup Dr dr David.