Dirut Panelewen Buka Workshop Bagi Mahasiswa Stikes Muhammadiyah Manado

Wed, 03 Mar, 2021


RSUPKANDOU.COM, MANADO--Sebanyak 59 mahasiswa Profesi Ners Stikes Muhammadiyah Manado mengikuti workshop Bantuan Hidup Dasar BHD, Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien, PPI, dan K3RS di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Dr R.D Kandou Manado, rabu (03/03)

Kegiatan tersebut dibuka Direktur Utama RSUP Prof Dr R.D Kandou Manado Dr dr Jimmy Panelewen Sp.B, KBD. Dalam sambutannya Direktur Utama mengatakan Pendidikan Ners merupakan pendidikan profesi setelah mendapatkan strata satu (SI) sarjana keperawatan, syarat regulasinya harus memiliki kompetensi dalam lingkup profesi ners untuk bisa mengimplementasikan ilmu dari peserta program studi Nesr." Dengan gelar SI sarjana keperawatan, adik adik mahasiswa bisa di manfaatkan pada kegiatan yang sifatnya berhubungan dengan keperawatan tetapi tidak bisa secara langsung beriteraksi dengan pasien." Jelas Panelewen.

Lanjut Panelewen, mahasiswa harus bisa memiliki profesi Ners agar bisa langsung menangani pasien. "Kemampuan ini yang harus di dapatkan melalui proses pembelajaran tertentu, termasuk pada saat ini anda semua berada dalam lingkup praktek, yang nantinya adik adik bisa mengimplementasikan apa yang di dapat pada waktu kuliah." Kata dirut.

Iya juga menambahkan Kemampuan berinteraksi menjalin hunungan kita sebagai provider, sebagai pemberi pelayaanan kesehatan dan kepada pasien sebagai custumer yang menerima jasa pelayanan kita, harus di jaga."mahasiswa yang sedang praktek akan di uji betul untuk menjadi seorang perawat, tidak menjamin mahasiswa di bangku kuliah sangat dominan,bisa tidak sukses saat mereka menjalani profesinya, saya katakan sangat sulit bagi kalian yang tidak bisa beradaptasi, percuma ilmu yang banyak di dapat waktu kuliah sedangkan cara berkomunikasi dengan pasien dan keluarga pasien lemah." Terangnya sembari meminta kepada mahasiswa untuk menjaga nama baik dua institusi yang pertama Stikes Muhammadiyah yang kedua RSUP Prof Dr R.D Kandou Manado. "Begitu anda di unit sana, mereka tidak melihat anda sebagai mahasiswa stikes,tetapi mereka melihat anda bagian dari RSUP Kandou." Ujar Direktur Utama yang di dampingi Direktur SDM Pendidikan dan Umum Dr dr Ivonne Rotty M.Kes, Koordinator Pendidikan dan Penelitian Irwan Kawulusan SH, Sub Koordinator Pendidikan dan Penelitian Jemmy Sambul,SE, Kepala Instalasi Diklat Dra Sisca Hutadjulu, Msi.

Sementara itu, Kepala program study Stikes Muhammadiyah Manado, Ns. Hj. Silvia Dew mayasari Riu, S.Kep M.Kep, mengucapkan apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada pimpinan RSUP Prof Kandou yang sudah menerima murid-muridnya untuk melakukan praktek profesi di rumah sakit terbaik di Sulut.

"Terima kasih telah menerima mahasiswa angkatan ke sepuluh kami untuk mendapatkan program studi praktek di RSUP Prof Kandou Manado. Dari angkatan pertama kami sudah melakukan praktek disini dan banyak sekali yang bisa kami dapatkan," pungkasnya.

Adapun pembicara dalam workshop kali ini, Dr.dr.Ivonne E.Rotty, M.Kes dengan Materi Tiga Rumpun Nilai Strategis Revolusi Mental, Koordinator SDM Ns. Suwandi Luneto, S.Kep. M.Kes,dr. Agung Nugroho, Sp.PD-KPTI,
(Hukormas)