Dirut Jimmy Panelewen Buka Webinar Terkait Strategi Pelayanan Kesehatan di Remote Area dan Gugus Pulau Dalam Rangka Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Mon, 27 Sep, 2021


RSUPKANDOU.COM, Manado-- Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Dr R.D. Kandou Manado, senin (27/09),menggelar sosialisasi rencana pendampingan ke rumah sakit – rumah sakit, setelah di tunjuk oleh Direktorat kesehatan keluarga kementerian kesehatan, sebagai rumah sakit pendampingan percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Kegiatan dilaksanakan di aula lantai 2 RSUP Kandou dan secara daring,di buka direktur utama RSUP Kandou, Dr dr Jimmy Panelewen,SpB-KBD, Senin (27/09) Siang.

Dalam Sambutannya Dirut menyampaikan bahwa setelah program ini menjadi program prioritas nasional, melalui kementerian Kesehatan maka RSUP Kandou berupaya keras memberikan support dan tekad terhadap penurunan angka kematian ibu dan penurunan angka kematian bayi.

“Kita harus memberikan hasil yang maksimal saling berkoordinasi dan support agar tujuan menurunkan angka kematian ibu dan bayi bisa tercapai dengan baik “,ujar Dirut Panelewen.

Dirinya juga menjelaskan bahwa RSUP Kandou sebelumnya sudah mendampingi 2 Rumah Sakit yang ada di Pohuwato dan Boroko.

“2 Rumah Sakit sebelumnya sudah kami dampingi dan sekarang sudah menjadi 17 rumah Sakit yang menjadi rumah sakit yang akan didampingi oleh RSUP Kandou, dan ini menjadi tanggung jawab kita bersama baik RSUP Kandou sebagai RS vertikal dan semua teman teman yang ada di Dinas Kesehatan Provinsi Kab/Kota dan Rumah rumah sakit yang akang di dampingi RSUP Kandou”,katanya.

Direktur juga berharap dalam proses pendampingan untuk bersosialisasi saat turun lapangan, benar benar di perhatikan agar program ini mendapatkan hasil yang baik dan maksimal

“Harapan saya dalam proses pendampingan bersosialisasi saat turun lapangan tidak hanya sekedar program yang tidak mendapatkan hasil tapi akan memberikan hasil yang signifikan dalam penurunan angka kematian ibu dan bayi”,katanya.

Sembari menambahkan bahwa yang menjadi penanggungjawab dalam pendampingan ini adalah Direktur Pelayanan Medik,Keperawatan dan Penunjang dr Jeheskiel Panjaitan.

“Untuk itu Direktur medik yang menjadi penanggungjawab utama, untuk pendampingan ini telah merancang suatu program yang nantinya dukungan digitalisasi dan komunikasi yang intens akan terjalin dengan baik”,kata Dirut.

Dengan adanya kerjasama dan komunikasi yang baik akan ada penguatan Sumber Daya Manusia agar pelayanan menjadi semakin baik

“Saya optimis dengan kerjasama yang baik antara kita semua akan ada perubahan yang baik dan angka kematian ibu dan bayi menjadi sedikit,Tuhan pasti menolong kita “ujarnya.

Di akhir sambutannya Dirut mengajak untuk tetap semangat melayani walaupun diperhadapkan dengam Pandemi Covid 19

“Tetap semangat, walaupun di era pandemi covid 19, maju terus bertumbuh dan memberikan kontribusi yang berarti terhadap layanan kesehatan di Negara kita ini”,tutup Dirut.(Hukormas)