Tunggu SK Penetapan dari Menkes, Akhir Januari RSUP Kandou Akan Lakukan Operasi Transplantasi Ginjal

Mon, 16 Jan, 2023


RSUPKANDOU.COM, MANADO-- Setelah dilakukan visitasi dari Komisi Transplantasi Nasional(KTN), terkait RSUP Prof Dr R.D Kandou Manado, akan menjadi penyelenggara Transplantasi Ginjal, saat ini pihak RSUP Kandou tinggal menunggu penetepan dari Menteri Kesehatan(Menkes).

Sambil menunggu penetapan tersebut, RSUP Kandou sudah mengagendakan rancana untuk melakukan operasi transplantasi ginjal. Hal itu disampaikan Plh Dirut RSUP Prof Dr R D Kandou Manado, Dr,dr Ivonne, E Rotty, M.Kes, saat memimpin rapat rutin Direksi,bersama Koordinator dan Sub Koordinator,serta pejabat pengadaan, Senin (16/01) di aula lantai 2 kantor pusat administrasi RSUP Kandou.

"Saat ini kita dalam persiapan, tinggal menunggu SK penetapan dari Menkes," kata Direktur SDM Pendidikan dan Umum itu.

Turut hadir dalam rapat tersebut Direktur Pelayanan Medik Keperawatan dan Penunjang, dr Yeheskiel Panjaitan,SH,MARS, Iya menyampaiakan kesiapan RSUP Kandou, terkait prosudural, teknis kesiapan rumah sakit, mulai dari ruangan, peralatan,obat obatan, tetapi juga SDM yang akan turun dalam rencana tindakan penyelenggaraan transplantasi ginjal.

"Rencana tanggal 28 Januari RSUP Kandou akan melaksanakan operasi transplantasi ginjal yang pertama di Indonesia Timur. Dan untuk pelaksanaannya,tindakan pertama kita masih didampingi oleh RSCM, selanjutnya RSUP Kandou sudah bisa melakukan secara mandiri." sebut Panjaitan.

Ketika ditanya terkait dengan pembiayaan transplantasi ginjal, oleh Direktur Perencanaan Keuangan dan BMN, Frets Melope,SE, MSi, Panjaitan mengatakan sudah berkoordinasi dengan BPJS, dan sudah mendapat persetujuan.

" Sudah disetujui oleh BPJS, dengan catatan kita harus memenuhi persyaratan dalam Permenkes tersebut, dan itu sementara berproses," Pungkasnya.(Hukormas/qq)