Promkes RSUP Kandou Gelar Edukasi Kesehatan Terkait "Dispepsia"

Fri, 20 Jan, 2023


RSUPKANDOU.COM,MANADO--RSUP Prof Dr R.D Kandou Manado, melalui Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran melaksanakan sosialisasi kesehatan terkait dengan penyakit Dispepsia atau lebih sering disebut sakit maag.Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut dr. Luciana Sophie Mariana Rotty, Sp.PD, Konsultan Gastroenterologi dan Hepatologi.

Dokter Luci sapaan akrapnya menjelaskan bahwa gejala sakit Dispepsia merupakan keluhan yang banyak ditemukan di dalam masyarakat. Dispepsia bukan nama penyakit namun sindroma (sekumpulan gejala penyakit). Definisi dispepsia adalah nyeri atau rasa tidak nyaman terutama pada perut bagian atas, di mana keluhan meliputi mual, muntah, kembung, cepet kenyang, rasa penuh? Regurgitasi dan rasa panas di dada. Dikatakan pula tanda alarm ; penurunan berat badan yang tidak diinginkan, sulit menelan yang progresif, muntah berulang, perdarahan saluran cerna, anemia, adanya benjolan di daerah perut, riwayat keluarga dengan kanker, dispepsia yang baru terjadi pada umur 45.

"Adapun klasifikasi dispepsia ada 2, dispepsia fungsional dan dispepsia organik. Dispepsia fungsional adalah dispepsia tanpa adanya gangguan organ, dispepsia organik adalah dispepsia dengan gangguan organ misalnya tukak lambung, infeksi helicobacter pylori, kanker lambung, kanker hati, batu empedu dan lain sebagainya. Dispepsia yg paling banyak ditemukan dalam masyarakat adalah dispepsia fungsional (sekitar 70%). Dispepsia yg sudah berlangsung lama apalagi disertai dengan tanda alarm harus diinvestigasi lebih lanjut yaitu dengan pemeriksaan endoskopi gastrointestinal, pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan pencitraan untuk mengetahui apakah terdapat kelainan organik", jelas dr. Luciana, Jumat (20/01).

Dirinyapun memotivasi semua yang berada diruang tunggu poli bedah untuk , tetap berprilaku hidup bersih dan Sehat.

"Mari kita tetap berprilaku hidup bersih dan sehat",tutup dr Luciana.

sementara kepala Instalasi Promkes dr Sekplin Sekeon, Sp.N MPH, mengucapakn terima kasih untuk semua yang hadir dalam giat tersebut
dan kepada poliklinik bedah yang ikut membantu dalam setiap kegiatan edukasi diRSUP Kandou Manado.(Hukormas/qq)