Luar Biasa!!! RSUP Kandou Lakukan Transplantasi Ginjal Pertama di Indonesia Timur

Sat, 18 Mar, 2023


RSUPKANDOU.COM, MANADO--RSUP Prof Dr R.D Kandou Manado terus melakukan terobosan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.Terobosan kali ini yakni operasi transplantasi ginjal yang pertama di RSUP Kandou bahkan Indonesia Timur.Operasi berlangsung di gedung CVBC RSUP Kandou, Sabtu (18/03/2023)

Pasien gagal ginjal tersebut berumur 20 Tahun sementara pemberi ginjal berusia 50 Tahun itu merupakan ibu dan anak berasal dari Sulawesi Utara.

Pelaksanaan operasi turut didampingi tim medis dari RSCM Jakarta sebagai rumah sakit pengampuh Nasional.

Ketua Tim transplantasi ginjal RSUP Kandou, dr Wim Damopolii SpB SpU MM MKes, mengatakan operasi transplantasi ginjal di rumah sakit Kandou sudah sejak lama disiapkan,namun karena pandemi pelaksanaannya tertunda.

Dikatakannya, RSUP Kandou menjadi RS pertama di Indonesia timur yang bisa melakukan operasi transplantasi ginjal.

"Pasien tak perlu ke Jakarta untuk transplantasi ginjal. Ini merupakan pengabdian RSUP Kandou kepada masyarakat," ujarnya.

Selain itu tim pengampuh dari RSCM Jakarta menyampaikan bahwa Operasi Transplantasi Ginjal di RSUP Kandou berjalan dengan baik sekitar 4.5 jam yang dimulai dari Pukul 8.30 Wita sampai 13.00 Wita.

"Meski merupakan yang pertama dilakukan di RSUP Kandou, transplantasi ginjal ini bisa berhasil ditandai dengan kondisi air seni yang bagus, namun pemantauan tetap akan terus dilakukan",katanya.

Sementara Direktur Utama RSUP Kandou, Dr dr Jimmy Panelewen,SlB-KBD, didampingi Direktur Pelayanan Medik Keperawatan dan Penunjang, dr Yeheskiel Panjaitan,SH.MARS, Direktur SDM Pendidikan dan Umum, Dr,dr Ivonne.E Rotty,M.Kes. menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada RSCM,tetapi juga merupakan Rumah Sakit Pengampuh Transplantasi Ginjal,yang telah bersama - sama dengan RSUP Kandou melakukan operasi Transplantasi Ginjal.Kegiatan ini sebagai kegiatan monumental. Karena pertama di Indonesia Timur.

"Ini semua bisa terlaksana atas kolabaorasi yang baik dari tim RSCM dan Tim RSUP Kandou, kedepan semoga RSUP Kandou bisa melakukan Operasi transplantasi ginjal secara mandiri.
Saya bersyukur kegiatan operasi transplantasi ginjal bisa sukses dan operasi berjalan lancar di mata saya dan teman-teman tim. Persiapan operasi sesuai dengan regulasi dan prosedur,” ungkap Dirut Panelewen,

Melalui kesuksesan transplantasi ini, pihaknya berharap layanan ini bisa diteruskan dan nantinya bisa menjadi layanan unggulan di RSUP Kandou Manado.

"Operasi sudah selesai, kita berharap pasien bisa survive. Kita juga berharap layanan ini bukan hanya kegiatan monumental atau seremonial semata, tapi bisa dilakukan secara reguler," harapnya.sembari dirinya tak lupa juga berterima kasih kepada pimpinan Menteri Kesehatan RI, Dirjen dan Sesdirjen yang selalu mengsuport RSUP Kandou Manado.

Hadir melalui Zoom Direktur Utama RSCM memberikan apresiasi kepada RSUP Kandou yang telah berhasil melaksanakan operasi transplantasi ginjal.

"Sangat bersyukur karena transplatasi organ perdana di RSUP kandou sukses di gelar ",ujarnya.

Adapun tim RSCM yang mendampingi RSUP Kandou dalam operasi tersebut,
Dr dr Nur Rasyid SpU(K), dr Gerhard Reinaldi Situmorang SpU(K) PhD, Dr dr Dita Aditianingsih SpAn-KIC, Dr dr Maruhum Bonar H Marbun SpPD-KGH, dr Alfan Mahdi Nugroho SpAn KAR KAO, dr Sahat Basana Romanti Ezer Matondang SpRad(K), Ns Depi Noprita SKep, Ns Shofia Maya Ulfah SKep.

(Hukormas RSUP Kandou)