RSUP Kandou dan Dinkes Bolsel Jalin Kerjasama Terkait Penyelengaraan Pelatihan Kesehatan Terakreditasi

Fri, 14 Jun, 2024


RSUPKANDOU.COM, MANADO--RSUP Prof dr R.D Kandou Manado dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel)  menjalin kerjasama penyelenggara pelatihan kesehatan terakreditasi. Hal ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman, Kamis (13/06) di Hotel Aston Manado.

Dalam MoU tersebut, sebagai pihak pertama RSUP Kandou ditandatangani Direktur Utama, Dr.dr Ivonne Elisabeth Rotty,M.Kes, yang diwakili oleh Direktur SDM Pendidikan dan Penelitian (SPP), Ns Suwandi Luneto,S,Kep,M.Kes,dan pihak kedua Dinas Kesehatan Kabupaten Bolsel ditandatangani oleh Kepala Dinas Kabupaten Bolsel, Saipul N Botutihe,SKM.   

Direktur SPP Suwandi Luneto dalam sambutannya mengatakan komitmen bersama antara RSUP Kandou dan Dinas Kesehatan Bolsel melalui MoU penyelenggaraan pelatihan kesehatan terakreditasi ini mencerminkan upaya nyata mendukung program Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam pengembangan sumber daya manusia di sektor kesehatan serta meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan berkualitas bagi masyarakat.

"Terima kasih sudah mempercayakan rumah sakit Kandou untuk menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan kesehatan, sesuai regulasi dari kementerian kesehatan, dalam pendidikan dan pelatihan saat ini harus terstandarisasi, dan penyelenggara diklatnya harus terakreditasi, tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan karena memiliki kaitan dengan profesi."ujar Luneto.

Menurut Luneto,kerjasama ini dilakukan sebagai bentuk dukungan RSUP Kandou terhadap pengembangan SDM kesehatan di wilayah Bolsel, sesuai instruksi kementerian kesehatan RS Kandou berkewajiban menyediakan pelatihan terakreditasi yang terstruktur dan berbasis pada kebutuhan aktual di bidang pelayanan kesehatan di seluruh kabupaten kota yang ada di sulawesi utara dan sekitarnya.

"Pada prinsipnya RS Kandou siap untuk melaksanakan diklat dimanapun tempatnya," Pungkasnya.

Dilain pihak Kepala Dinas Kabupaten Bolsel Saipul N Botutihe mengatakan bahwa melalui MoU ini, menegaskan keseriusannya dalam mengoptimalkan layanan kesehatan yang merata dan berkualitas bagi masyarakat. Dengan kerjasama bersama RSUP Kandou, diharapkan program pelatihan kesehatan yang terakreditasi dapat memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan keterampilan dan pengetahuan tenaga kesehatan di Bolsel.

"Terima kasih dan apresiasi buat RSUP Kandou yang selalu memberi ruang bagi kami. Moment ini luar biasa yang patut di manfaatkan dengan baik.Melalui pelatihan kesehatan yang terakreditasi, diharapkan akan tercipta tenaga kesehatan yang kompeten dan berkualitas serta mampu memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat Bolsel,"ujar Kadis Kesehatan Bolsel Saipul N Botutihe.

Turut hadir Manager Diklat RS Kandou, dr Judy Sengkey MKes, Asmen Diklat, dr Reamur Mody Rawung,  Kabid Dinkes Bolsel, Febrial Riskal Podomi (Kabid P2) dan I Nyoman Sukawanayasa (Kabid Kesmas).

(Humas Kandou)