Webinar Otologi Endoskopik Pre Event MODS 2024 Sukses Digelar oleh FK UNSRAT-RSUP Kandou dan PERHATI-KL

Sun, 23 Jun, 2024


RSUPKANDOU.COM, MANADO--Bagian KSM Ilmu Kesehatan THT-BKL Fakultas Kedokteran UNSRAT-RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou bekerja sama dengan PERHATI-KL Cabang Sulawesi Utara-Maluku Utara dan KODI Otologi serta PP PERHATI-KL Indonesia sukses menyelenggarakan Webinar Pre Event Manado Otology Endoscopic Course (MODS) 2024,Minggu (23/06), diikuti oleh 467 Dokter dan Dokter Spesialis dan 

dibuka oleh Direktur Utama RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado, Dr.dr. Ivonne Elisabeth Rotty, M.Kes.

Dalam sambutannya Dirut   memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara. 

"Kami sangat bangga dengan terselenggaranya kegiatan ini di Sulawesi Utara oleh KSM THT dan RSUP Kandou. Ini merupakan yang pertama kali diadakan di Sulut, dan antusiasme pesertanya sangat tinggi. Kami berharap ke depan akan ada kegiatan lanjutan yang serupa,” ujar Dr. Ivonne.

Sementara Ketua Panitia, dr. Ronaldi E.C Tumbel, Sp.T.H.T.B.K.L, FISQUA, menjelaskan bahwa seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dokter spesialis THT-BKL dalam menangani penyakit telinga tengah dan komplikasinya melalui pendekatan bedah endoskopik dan mikroskopik. 

"Pelatihan seperti ini sangat penting untuk didistribusikan secara merata ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk Provinsi Sulawesi Utara dan sekitarnya,” ungkap dr. Ronaldi.

Menurut dr Ronaldi Acara ini juga mencakup pembahasan komprehensif mulai dari persiapan pre-operatif seperti pemilihan pasien, terapi medikamentosa, dan interpretasi CT-scan, hingga penatalaksanaan pasca operasi dengan teknik endoskopik dan mikroskopik.

Sebagai kelanjutan dari webinar ini, akan diadakan Workshop pada tanggal 29-30 Juni 2024 mendatang yang diharapkan dapat memberikan pelatihan lebih mendalam bagi para peserta.

Hadir sebagai Narasumber dan Moderator Ketua Cab. PERHATI-BKL SULUT MALUT 

-dr. Steward K. Mengko, Sp.T.H.T.B.K.L, Subsp.B.E(K)

- Dr. dr. Lina Lasminingrum, Sp.T.H.T.B.K.L, Subsp.Oto(K), M.Kes

- Dr. dr. Yussy A Dewi, Sp.T.H.T.B.K.L, Subsp.Onk(K), FICS, M.Kes

- dr. Ronald Frans, Sp.THT-BKL, M.Kes

- dr. Rosidiah Rahmawati, Sp.THT-BKL, SubSp,Oto(K)

- dr. Ayu Astria Sriyana, Sp.THT-BKL, SubSp,Oto(K)

- dr. Agustien Juliet Tamus, Sp.THT-BKL

- dr. Susana, Sp.THT-BKL

- Dr. dr. Anton Budi Darmawan, Sp.THT-BKL, Subsp.Oto(K)

- dr. Fiona Widiasari, Sp.THT-BKL

- dr. Diana Rosalina, Sp.THT-BKL, Subsp.Oto(K)

- Dr. dr. Masyita Gaffar, Sp.THT-BKL, Subsp.Oto(K)