Gelar Inspeksi, BAPETEN: RSUP Kandou Memenuhi Standar Keselamatan Radiasi

Fri, 12 Jul, 2024


RSUPKANDOU.COM, MANADO - Peran Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) sangatlah penting dalam mengawasi sektor ketenagaannuklir sekaligus melakukan inspeksi.

Terkait hal tersebut BAPETEN melakukan kegiatan inspeksi dan verifikasi untuk modifikasi layanan radioterapi di RSUP Prof dr R.D Kandou Manado, dengan menambahkan fasilitas Brachytherapy.

"Kami melakukan verifikasi apakah stsndart keselamatan terkait bangunan,peralatan serta kompetensi dari SDM layanan radiotherapi telah sesuai dengan standart keamanan dan keselamatan," Jelas ketua tim, Iin Indartati,ST, MSi, Jumat (12/07) usai kegiatan exit meeting di ruang weninar RSUP Kandou.

Indartati menerangkan bahwa secara keseluruhan RSUP Kandou berdasarkan hasil inspeksi,memenuhi standar keselamatan radiasi dalam beberapa aspek.

"Bangunan RSUP Kandou telah memenuhi standar keselamatan dan keamanan untuk penggunaan sumber radiasi pengion.

Fasilitas radioterapi, radiologi diagnostik, dan intervensional telah diperiksa dan sesuai dengan ketentuan.Peralatan yang digunakan di RSUP Kandou telah memenuhi standar keselamatan dan kinerja.Penggunaan peralatan radiasi diawasi dengan baik.

SDM (Sumber Daya Manusia). Tim inspeksi menilai kompetensi SDM yang terlibat dalam penggunaan radiasi.

Kualifikasi dan pelatihan staf sesuai dengan standar internasional,"terangnya.

Sementara Direktur RSUP Kandou, Dr.dr Ivonne Elisabeth Rotty,M,Kes menyambut baik kehadiran tim inspeksi dari BAPETEN. Tim inspeksi telah melakukan evaluasi terhadap penggunaan sumber radiasi pengion di rumah sakit, termasuk dalam bidang radioterapi, radiologi diagnostik, dan intervensional di RSUP Kandou.

"Kami memberikan apresiasi yang luar biasa kegiatan dari BAPETEN, Inspeksi ini merupakan bagian dari tugas pengawasan yang dilakukan oleh mereka untuk memastikan keselamatan penggunaan radiasi di fasilitas kesehatan, dan kami bersyukur RSUP Kandou setelah dilakukan inspeksi dan verifikasi hasilnya sudah sesuai memenuhi standar keselamatan radiasi,"

"Semoga hasil inspeksi ini berkontribusi pada peningkatan keselamatan radiasi dan kualitas layanan di RSUP Kandou," Pungkasnya.

Turut hadir Direktur Layanan Operasional dr Wega Sukanto,SpB,TKV (K)

(Humas Kandou)