Dirut RS Kandou Ivonne Rotty Terima Kunjungan Kerja Komisi IX DPR RI dan Sekjen Kemenkes

Tue, 16 Jul, 2024


RSUPKANDOU.COM, MANQDO - Direktur Utama RSUP Prof dr R.D Kandou Manado, Dr.dr Ivonne Elisabeth Rotty,M.Kes, menerima kunjungan kerja dari Komisi IX DPR RI dan Seketraris Jenderal (Sekjend) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Selasa (16/07).

Kunjungan ini terkait masa reses persidangan V Tahun sidang 2023-2024 ke kota Manado Provinsi Sulawesi Utara, untuk memantau langsung pelayanan kesehatan di rumah sakit Kandou.

Dirut Ivonne Rotty bersama jajaran direksi menyambut baik atas kunjungan ini dengan memperkenalkan program layanan unggulan, pengembangan inovasi, fasilitas serta capaian yang ada di RS Kandou.

"Kami, dari RSUP Prof dr R.D Kandou Manado, sangat mengapresiasi kunjungan kerja dari Komisi IX DPR RI dan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan,Tentunya, kami akan mengikuti dan menindaklanjuti setiap masukan yang diberikan demi peningkatan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat",ungkap Dirut Ivonne.

Dirut Ivonne  mengatakan kolaborasi antar lembaga penting sebagai upaya perbaikan untuk peningkatan standart pelayanan di RS Kandou.

"Kami selalu membangun komunikasi dan bersinergi dengan pemerintah untuk saling memberi masukan pemahaman yang akan membawa RS Kandou pada pelayanan yang transparan dan merata,"pungkasnya

Sementara Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Kunta Wibawa Dasa Nugraha, menyampaikan bahwa Kunjungan ke RSUP Kandou merupakan bagian dari upaya reformasi kesehatan yang dijalankan oleh Kemenkes dengan tujuan utama meningkatkan kualitas layanan kesehatan kepada masyarakat.

"Kami ingin meningkatkan layanan kepada masyarakat, dan ini adalah salah satu reformasi kesehatan yang dilakukan oleh Kemenkes. Salah satu pilarnya adalah memperkuat rumah sakit di daerah-daerah agar masyarakat di manapun dapat mengakses layanan kesehatan yang lebih baik," ujar Kunta Wibawa.

Ia menekankan bahwa tujuan reformasi ini tidak hanya dari sisi pembangunan gedung tetapi juga dari sisi peningkatan layanan dan mutu tenaga kesehatan. Menurutnya, tenaga kesehatan merupakan elemen vital, termasuk dukungan dari Pemerintah Daerah (Pemda) yang memiliki kewenangan dalam memperkuat layanan kesehatan, terutama melalui keberadaan dokter spesialis yang tetap.

"Tenaga kesehatan itu sangat penting, termasuk dukungan dari Pemda, karena Pemda juga punya wewenang untuk memperkuat layanan kesehatan melalui dokter spesialis yang stay di sini. RSUP Kandou dapat meningkatkan penerimaan dan kualitasnya yang didukung oleh Pemda," jelasnya.

Kunta Wibawa juga menegaskan komitmen Kemenkes dalam mendukung RSUP Kandou melalui penyediaan alat kesehatan canggih seperti CT scan, MRI, dan teknologi kesehatan mutakhir lainnya. "Kami, Kemenkes, pasti akan mendukung dan memberikan support, termasuk dalam penyediaan alat kesehatan canggih."

Dalam kesempatan tersebut, Kunta Wibawa menyebutkan lima penyakit yang menjadi fokus perhatian yaitu jantung, stroke, kanker, ginjal, dan diabetes. "Kami akan berkolaborasi dengan RSUP Kandou, pemerintah pusat, dan Pemda agar layanan kesehatan masyarakat di Manado dan sekitarnya jauh lebih baik," tutupnya.

Disisi lain Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Runtuwene, , menegaskan komitmennya dalam mengawal pembangunan gedung baru di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Sejak awal menjabat sebagai anggota dewan yang duduk di Komisi IX, Felly Runtuwene terus memperjuangkan penambahan pembangunan gedung untuk meningkatkan layanan kesehatan di rumah sakit tersebut.

"Syukur Puji Tuhan, Alhamdulillah, peletakan batu pertama akan dilakukan pada bulan Agustus mendatang, dan kemungkinan akan langsung dihadiri oleh Presiden, dan tentunya Pembangunan gedung 15 lantai ini diharapkan dapat memaksimalkan pelayanan kesehatan di RSUP Kandou" ujar Felly Runtuwene.

Felly juga menyampaikan bahwa  kapasitas dan kualitas layanan kesehatan di RSUP Kandou, seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan yang lebih baik,harus terus di benahi dan di tingkatkan  pelayanan yang lebih optimal kepada pasien.

Selain itu, Felly Runtuwene juga menekankan pentingnya pelayanan yang ramah dan profesional dari seluruh tenaga medis di RSUP Kandou. "Pelayanan seluruh tenaga medis di RSUP Kandou harus melayani pasien dengan sepenuh hati, sama seperti melayani tamu," tambahnya.

Komisi IX DPR RI, bersama dengan pihak RSUP Kandou dan Kementerian Kesehatan, terus berupaya untuk memastikan bahwa proyek pembangunan gedung ini berjalan lancar dan sesuai dengan rencana.

Turut hadir, Direktur Pelayanan Medik Keperawatan dan Penunjang, dr Jehezkiel Panjaitan,SH, MARS, Direktur Layanan Operasional dr Wega Sukanto,SpB.TKV (K), Direktur Perencanaan dan Keuangan Dr Erwin Sondang Siagian,SSTP, MSi, para Manager dan Asisten Manager.(Humas Kandou)