RSUP Kandou Gelar Pelatihan untuk Mahasiswa Profesi Ners De La Salle, Tekankan Pentingnya Lingkungan Bebas Bullying

Thu, 17 Oct, 2024


RSUPKANDOU.COM, MANADO - RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado  menyelenggarakan pelatihan bagi mahasiswa Program Studi Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Katolik De La Salle Manado, (17/10).

Sebanyak 76 mahasiswa yang terbagi dalam 2 kelas  mengikuti pelatihan yang berlangsung selama 5 hari, mulai tanggal 17 hingga 23 Oktober 2024 di aula lantai 2 kantor adminstrasi.

Pelatihan ini mencakup materi  Bantuan Hidup Dasar (BHD), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMPK), Pengendalian Penyakit Infeksi (PPI), Kesehatan Keselamatan Kerja Rumah Sakit (K3RS), dan Pelayanan Prima. Tujuannya adalah untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk  menjalankan tugas  sebagai  perawat profesional di RSUP Kandou.

Acara pembukaan pelatihan dilakukan oleh Plt Direktur SDM Pendidikan dan Pelatihan, Ners Suwandi Luneto, S.Kep, M.Kes. Dalam sambutannya,  Luneto  menyambut  baik  kehadiran  mahasiswa  dan  menekankan  pentingnya  lingkungan  belajar  yang  bebas  dari  perundungan  (bullying).

"Selamat datang dan terima kasih masih mempercayakan RSUP Kandou untuk tempat belajar,"  ujar  Luneto.  Ia  kemudian  mengingatkan  kembali  Instruksi  Menteri  Kesehatan  Republik  Indonesia  Nomor  HK.02.01/MENKES/1512/2023  tentang  Pencegahan  dan  Penanganan  Perundungan  terhadap  Peserta  Didik  pada  Rumah  Sakit  Pendidikan  di  lingkungan  Kementerian  Kesehatan.

"Sejak dikeluarkan Instruksi Menkes, RSUP Kandou gencar mensosialisasikan instruksi tersebut kepada para peserta didik di RS Kandou,"  tegas  Luneto.  Ia  menekankan  bahwa  praktik  bullying  tidak  akan  ditolerir  di  RSUP  Kandou.  "RSUP  Kandou  harus  bebas  dari  bullying  sehingga  tercipta  lingkungan  pendididkan  yang  bebas  dari  perundungan,"  pungkasnya.

Dekan Fakultas Keperawatan Universitas De La Salle Manado, Wahyuny Langelo, BSN, M.Kes, dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih kepada RS Kandou Manado yang sudah menerima mahasiswa De La Salle untuk melakukan praktek lapangan.

Ia berharap kegiatan ini dapat membantu mahasiswa dalam mempersiapakan diri untuk melakukan praktek dan peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian pelatihan.

"Mohon kerjasamanya karena kita datang disini untuk mengembangkan serta menambah kompetensi, sehingga nantinya lewat kegiatan ini bisa membantu kami menghasilkan lulusan perawat yang berkualitas dan profesional," tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Plt Manajer Pendidikan dan Pelatihan, dr Judy Flora Sengkey,M,Kes, Plt Asisten Manajer Pelatihan, dr Eny Ermawaty Samiran, dari De La Salle Manado, Wakil Dekan Fakultas Keperawatan, Natalia Rakinaung,S,Kep, Ns,MNS, Kaprodi Profesi Ners, Fak Keperawatan, Johanis Kerangan,S,Kep,Ns, M, Kep.

(Humas Kandou)