RS Kandou Gelar Bakti Sosial di Talawaan, Berikan Layanan Kesehatan Gratis untuk Warga

Sat, 26 Oct, 2024


RSUPKANDOU.COM, TALAWAAN MINAHASA UTARA - RSUPKANDOU.COM, Talawaan Minahasa Utara - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2024, RSUP Prof Dr R D Kandou Manado menggelar beberapa kegiatan diantaranya melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) di desa Warisa Kampung Baru Kecamatan Talawaan Minahasa Utara, Sabtu (26/10)

Kegiatan ini meliputi pemeriksaan dan pengobatan kesehatan gratis, seperti pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis, pemeriksaan laboratorium gula darah, asam urat, kolesterol, ada juga pemeriksaan gigi, pemeriksaan kandungan dan pemeriksaan anak.

Tim medis juga memberikan konsultasi langsung kepada warga yang menghadapi masalah kesehatan. Selain itu, pemberian obat-obatan.Kegiatan ini diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kesehatan.

Tim baksos Rumah Sakit Kandou, diterima langsung oleh Margaretha Catotje Longdong, S.Pd, selaku Hukumtua Desa Warisa Kampung Baru.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan Baksos yang dilakukan RS Kandou ini. Hal ini sangat membantu masyarakat, khususnya di Desa Warisa Kampung Baru," ujar Margaretha Catotje Longdong, S.Pd, selaku Hukumtua Desa Warisa Kampung Baru Kecamatan Talawaan, Kabupaten Minahasa Utara.

Menurut Longdong kegiatam bakti sosial baru pertama kali di desa Warisa Kampung Baru.

"Moment imi sangat membantu masyarakat Desa Warisa, karena untuk mendapatkan pelayanan keseahatan kami harus menempuh perjalanan panjang baru sampai di puskesman atau rumah sakit, sehingga membutuhkan biaya yang besar," tuturnya.

Kegiatan Baksos ini juga mendapat sambutan positif dari warga Desa Warisa Kampung Baru. Mereka berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan di masa mendatang.

"Terima kasih kepada RS Kandou yang telah menyelenggarakan Baksos ini. Kami sangat terbantu dengan adanya pemeriksaan kesehatan di desa kami ini," ungkap salah satu warga Desa Warisa Kampung Baru.

Sementara itu Direktur Layanan Operasional RSUP Kandou, dr Wega Sukanto,Sp,B,TKV, (K), mewakili Plt Dirut, Drg Yuli Astuti Saripawan,M,Kes, saat membuka kegiatan tersebut, mengatakan Baksos ini merupakan bahwa, Baksos ini salah satu kegiatan dari rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diselenggaran oleh RS Kandou Manado.

Melalui kegiatan Baksos ini, dr, Wega Sukanto berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan membantu meningkatkan akses layanan kesehatan di daerah ini.

"Kami rumah sakit Kandou menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat atas sambutan yang luar biasa, dan kami merasa senang kegiatan ini bisa menyentuh leangsung kepada masyarakat yang ada di desa ini.

Selain pemeriksaan kesehatan kegiatan ini juga ada sesi konsultasi langsung antara masyarakat dengan dokter. Dengan adanya konsultasi langsung, masyarakat dapat memperoleh informasi kesehatan yang akurat dan mendapatkan layanan kesehatan secara langsung. 

Dengan demikian dt Wega berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan meningkatkan kualitas kesehatan di wilayah tersebut.

Turut hadir Plt Direktur SDM Pendidikan dan Penelitian, Ns Suwandi I Luneto, S,Kep,M,Kes, dan para Manajer dan Asisten Manajer Terkait.

(Humas Kandou)