RSUP Kandou Gelar Edukasi Kesehatan Secara Daring

Thu, 27 May, 2021


RSUPKANDOU.COM -- Salah satu upaya untuk pemberian pelayanan kepada masyarakat adalah melalui Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran Rumah Sakit (IPKRS) Baik kepada masyarakat yang ada di rumah sakit maupun yang ada diluar rumah sakit.

Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat mengambil keputusan yang tepat dalam menghadapi berbagai masalah kesehatan yang dialami.

Dalam rangka peningkatan kualitas Rumah Sakit umum pusat Prof dr R D Kandou, khususnya Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran Rumah Sakit Kandou mengadakan edukasi kesehatan awam kepada 11 sekolah di Kota Manado secara serentak. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Selasa 25 Mei 2021 dimulai pukul jam 9:00 Wita.

Kegiatan edukasi kesehatan awam ini dilakukan secara daring Melalui aplikasi Zoom webinar Youtube mengangkat tema kesehatan reproduksi, pergaulan bebas dan napza pada remaja ini diikuti oleh ribuan siswa dari sejumlah sekolah di Kota Manado yaitu :
– SMA Aquino Manado (Kleak)
– SMA St Ignasius Manado (Malalayang)
– SMA Laurensius Manado (Perkamil)
– SMK Xaverius Manado (Komo)
– SMP St Monika (Paniki)
– SMP St Antonius (Tikala)
– SMP St Hubertus (Tuna)
– SMP Siti Fatima (Tuminting)
– SMP St Rafael (Kleak)
– SMP Hati Kudus (Karombasan)
– SMP Dominico Savio (Bumi Beringin)

Acara yang dituntun Master of Ceremony Christian Modeong, S.I.Kom Mempersilahkan dr Henny Liwe, M. Kes Kepala unit pelaksana instalasi promosi kesehatan dan pemasaran RSUP Kandou Manado untuk memimpin dalam doa.

Direktur Utama RSUP Kandou Manado
yang diwakili Direktur SDM, Pendidikan dan Umum Dr. dr Ivonne Elizabeth Rotty, M.Kes dalam membuka kegiatan webinar edukasi kesehatan ini memberikan apresiasi kepada Instalasi Promkes Kandou yang berinisiatif untuk melakukan edukasi kesehatan kepada para siswa lewat aplikasi zoom dan hal ini ditanggapi dengan baik oleh para sekolah- sekolah yang telah bergabung dalam kegiatan edukasi ini ucap dr. Ivonne.

dr. Ade John Nursalim, MM, MARS, Sp. M yang didaulat sebagi moderator membuka sesi materi dengan memperkenalkan oara narasumber yang sangat berkompeten dalam bidangnya masing-masing yakni Dr. dr Joice Sondakh, Sp.OG (K) Konsultan obstetri sosial Dan merupakan salah satu staf dari RSUP Prof dr R D Kandou dan Juga pengajar di Universitas Sam Ratulangi . dr Joice membawakan materi mengenai “Kesehatan reproduksi remaja dan permasalahannya”

Sesi kedua diisi oleh ibu Hanna Nina Ireine Monareh, M.Psi, Psikolog. Psikolog klinik Di Instalasi rehabilitasi medik RSUP Prof dr R D kandou. Ibu hanna membawakan materi berjudul “tantangan dan peran remaja hadapi napza”

Sesi ketiga diisi oleh dr. Shekina Hannah Esther Rondonuwu, Sp.A staf Ilmu kesehatan anak dari RSUP Prof dr R D Kandou dan Juga pengajar di Universitas Sam Ratulangi. Dr Shekina membawakan materi berjudul “remaja masa kini who are we”

Acara berlangsung meriah karena materi yang disajikan sangat menarik perhatian bagi para siswa, dimana ribuan siswa secara aktif memberikan pertanyaan dalambsesi tanya jawab baik melalui aplikasi Zoom maupun YouTube Live

dipenghujung acara kepala instalasi promosi kesehatan dan pemasaran Rumah Sakit Kandou Manado dr Sekplin Sekeon, Sp.S, MPH Menutup kegiatan Dengan mengucapkan terima kasih kepada dewan direksi, Ketua Yayasan Pendidikan Katolik Keuskupan Manado Pastor Revi Rafael Tanod, Pr, para Kepala sekolah Dari 11 sekolah yang ikut berpartisipasi dalam acara edukasi kesehatan, tim panitia .

Instalasi promosi kesehatan dan pemasaran Rumah Sakit Kandou berharap Hasil dari kegiatan webinar kesehatan awam ini dapat meningkatkan pemahaman para siswa dan siswi SMA dan SMP yang hadir mengenai kesehatan reproduksi, pergaulan bebas dan napzah Yang nantinya meningkatkan kualitas kesehatan dan prestasi siswa.(Hukormas)