RSUP Kandou Manado Gelar Penyuluhan Kesehatan Terkait Penyakit Parkinson

Fri, 28 May, 2021


RSUPKANDOU.COM -- Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Dr R.D Kandou Manado melalui Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran menggelar Penyuluhan Edukasi Kesehatan tentang Penyakit Parkinson, Jumat (28/5/2021) siang Diruang Tunggu Pasien Poliklinik Bedah.

Selaku narasumber di Penyuluhan kesehatan terkait Parkinson ini, yakni dr Rizal Tumewah, Sp.S(K) selaku Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia cabang Manado.

Menurut dr Rizal, penyakit Parkinson merupakan penyakit dengeneratif berupa suatu synucleinopothy oleh karena terjadinya penumpukan abnormal protein alpha-synuclein di Intracytoplasmie proteinaceous inclusions dalam bentuk Lewy bodies dan subtantia nigra pars Compacta (NSc).

“Hal ini menyebabkan produksi domapin terganggu,” ujarnya.

Ditambahkan, semua manusia akan mengalami masa tua dan delapan puluh persen itu akan mengalami penyakit Parkinson tersebut.

“Penyakit Parkinson ini tidak dapat disembuhkan tetapi pengobatan itu hanya mengurangi atau menghambat progresifitas. Progresifitas itu maksudnya perlangsungan dari pada penyakit,” jelasnya.

“Paling bagus bagaimana kita mengenal penyakit ini termasuk gejalanya sehingga dapat kita ketahui dan bisa berobat karena penyakit ini tidak akan sembuh tentunya, tetapi bagaimana bisa hidup bersama dengan penyakit Parkinson ini hidup dimasa tua dengan mendapatkan kwalitas hidup yang lebih bahagia dan lebih ceria,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran dr Sekplin Sekeon SpS MPH menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada narasumber dan juga seluruh pasien dan keluarga yang mendampingi pasien telah berkenan mengikuti edukasi kesehatan.

”Kami menyampaikan terimakasih atas waktu dan kesempatannya. Kiranya boleh menambah pengetahuan dan informasi bagi bapak dan ibu yang berkenan mengikuti edukasi kesehatan ini,” singkatnya.

Nampak peserta kegiatan penyuluhan kesehatan terkait Parkinson kali terlihat antusias saat mendengarkan pemaparan oleh narasumber.(Hukormas)