Luar Biasa RSUP Kandou Tuan Rumah Kegiatan Pediatric Cardiology Update Ke XII, Workshop Intervantion Consultant

Tue, 30 Apr, 2024


RSUPKANDOU.COM, MANADO-RSUP Prof dr R D Kandou Manado menjadi pusat perhatian bagi para ahli kardiologi pediatrik dari seluruh Indonesia dalam rangka Pediatric Cardiology Update Ke XII.

Acara bergengsi ini, yang diadakan di RSUP Prof R D Kandou Manado ,Selasa (30/04) di gedung  Cardio Vasculer Brain Center (CVBC) lantai 4, menyoroti perkembangan terbaru dalam diagnosis dan pengobatan penyakit jantung pada anak-anak.

Yang utama dari acara ini adalah Workshop Intervention Consultant, yang menampilkan para ahli terkemuka dalam bidang ini. 

Para peserta berkesempatan untuk belajar langsung dari praktisi-praktisi terbaik dalam teknik intervensi terbaru untuk kasus-kasus yang kompleks secara live.

Dr.dr Erling David Kaunang, Sp.A(K) ketua panitia acara ini menyampaikan bahwa Kami sangat senang dapat memberikan pengetahuan yang berharga dalam bidang kardiologi pediatrik.

Acara ini juga menjadi platform penting bagi pertukaran pengetahuan antara para profesional medis, memperkuat jejaring kolaborasi dalam upaya meningkatkan kualitas perawatan kesehatan Jantung anak di Indonesia.

“Pediatruc Cardiology Update  ke XII di Manado merupakan kegiatan tahunan, Jadi setiap tahunnya dokter  spesialis anak, konsultan jantung anak (super spesialis) berkumpul di center-center yang melaksanakan kegiatan pelayanan jantung anak, diantaranya Workshop Consultan Cardiologi”ujar dr David.

Dirinya juga menyampaikan bahwa Workshop Consultan Cardiologi dikhususkan untuk dokter-dokter Konsultan Jantung anak, akan diberikan ilmu-ilmu yang terupdate 

sehubungan dengan pelayanan jantung anak, diantaranya ada intervensi jantung anak yaitu tindakan  intervensi untuk kelainan jantung bawaan (penutupan jantung bocor) atau penutupan devec atau kelainan jantung.

“Disamping itu menurut dr David ada juga pembahasan - pembahasan kasus dan metode terbaru tentang  pelayanan jantung anak dan penanganan-penangan terbaru”,tuturnya.

Lebih jauh dr David menjelaskan bahwa Worksop dilaksanakan secara online. “Jadi  ada yang langsung mengerjakan, ada yang memantau langsung di ruangan kateterisasi laboratorium, dr David Waworuntu,Sp.A (K). Ada juga yang dibicarakan didalam workshop secara online, begitu tindakan langsung di shot secara online  baik tindakan maupun alat  penunjang diagnosis seperti ekocardiografi penunjangnya kateterisasi intervension , (Katerisasiin  jantung untuk melakukan tindakan intervensi),”ungkapnya.

Sementara Ketua UKK (Unit Kerja Koordinasi )dr Rizky Adriansyah, M.Ked (Ped), Sp.A(K) memberikan apresiasi dan terima kasih  kepada RSUP kandou dan anggota dari UKK yang ada di RSUP Kandou. 

“Kegiatan ini sudah kita rencanakan dari tahun yang lalu sejak terakhir dilakukan di bali, dan tentunya Kita berharap layanan jantung anak berkembang tidak hanya di indonesia bagian barat tapi juga di indonesia bagian timur juga perlu pengembangan layanan jantung anak”,katanya.

Sembari menambahkan bahwa  Kalau dibandingkan dengan negara- negara lain kita masih jauh tapi kita harapkan dengan pemerataan pelayanan yang ada, juga mendukung program kemenkes untuk bagaimana menurunkan angka kematian bayi baru lahir, yang salah satu penyebab penyakit jantung bawaan.

“Untuk  itu kita mengupayakan agar seluruh  dokter mulai dari layanan primer  dan sekunder dari seluruh Rumah Sakit Umum Kabupaten/ Kota juga RSUP Kandou sebagai pusat rujukan, untuk layanan jantung anaknya berkembang lebih cepat “ujarnya.

Menurut dr Rizky melihat perkembangan yang ada, untuk itu kita mengundang para dokter terutama dokter - dokter yang selama ini kalau kita adakan acara di Indonesia bagian barat dokter dokter bagian timur  sulit hadir .

“Sengaja kita buat khusus dokter - dokter yang ada di indonesia bagian timur, (Sulawesi, Papua, Maluku)  agar bisa belajar bersama -sama disini untuk bagaimana layanan jantung anak di bagian timur bisa berkembang, dan kita memilih manado karena dilihat lebih strategis untuk rujukan papua dan maluku,”ungkapnya.


Sementara Direktur Utama RSUP Kandou, Dr.dr Ivonne Elisabeth Rotty,M.Kes, menyambut baik pelaksanaan kegiatan Pediatric Cardiology Update - XII Manado dan Workshop Intervention Consultant.

Pelatihan Intervensi Secara  Live di Rumah Sakit Kandou.

Dirut Ivonne Rotty berharap kegiatan ini dapat mengembangkan pengetahuan ketrampilan serta pemahaman layanan kardiologi pediatric dalam melakukan tindakan intervensi yang aman dan tepat. (Humas Kandou)