Diklat Kandou Gelar Pelatihan 'UBM' dan Pencegahan Penyakit Kusta Bagi Nakes Dinas Kesehatan Kotamobagu

Mon, 24 Jun, 2024


RSUPKANDOU.COM, MANADO--RSUP Prof dr R.D Kandou Manado melalui bagian Diklat melaksanakan  program pelatihan dan pendidikan bagi Sumber Daya Manusia (SDM) Tenaga Kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan primer Kotamobagu.Acara ini berlangsung, Senin (24/06) di Hotel Aston Manado.

Kegiatan tersebut dibuka Direktur Utama Dr.dr Ivonne Elisabeth Rotty,M.Kes, yang diwakili oleh Asisten Manager Pelatihan RS Kandou, dr Reamur Moddy Rawung, M.Kes, MTh.

Dokter Moddy dalam sambutannya menjelaskan bahwa sesuai instruksi Kementerian Kesehatan semua  yang akan melaksanakan pelatihan kesehatan harus melalui institusi yang sudah terakreditasi.

"Rumah sakit Kandou saat ini institusi diklatnya sudah terakteditasi paripurna, hampir semua Dinas Kesehatan sudah menjalin kerjasama,bahkan provinsi gorontalo telah melakukan MoU pelatihan dengan RS Kandou," ujar dr Moddy.

Iya juga mengatakan komitmen RSUP Prof. dr. R.D Kandou Manado dalam mendukung pengembangan SDM tenaga kesehatan di Kota Kotamobagu. Pelatihan ini khususnya mencakup topik 'UBM' (Upaya Berhenti Merokok) dan pencegahan penyakit kusta, yang merupakan upaya penting dalam menjaga kesehatan masyarakat. 

"Dengan mengedepankan pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kesehatan, diharapkan dapat tercipta lingkungan sehat dan bebas dari penyakit menular di Kotamobagu," Pungkasnya.

Selain itu Rawung menambahkan pelatihan ini juga menjadi momentum untuk mempererat kerjasama antara RSUP Prof. dr. R.D Kandou Manado dan Dinas Kesehatan Kotamobagu dalam upaya meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan kesehatan di wilayah tersebut. Kolaborasi antara rumah sakit rujukan dan instansi pemerintah setempat diharapkan dapat memberikan dampak positif yang besar bagi kesehatan masyarakat Kotamobagu.

"Diharapkan tenaga kesehatan akan semakin siap dan terlatih dalam menghadapi tantangan kesehatan, serta meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien," Tutup dr Moddy.

Adapun pelatihan Upaya Berhenti Merokok akan berlangsung selama 4 hari mulai 24-27 Juni dengan jumlah peserta 20 orang, sedangkan pencegahan pengendalian penyakit kusta dan frambusia tingkat puskesmas bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kotamobagu digelar selama 5 hari, tanggal 24-28 Juni sebanyak 23 orang.


(Humas Kandou)