289 ASN RSUP Kandou, Ikut Ujian Potensi

Tue, 21 Mar, 2023


Selasa 21-03-2023

RSUPKANDOU.COM, MANADO--RSUP Prof Dr R.D Kandou Manado melaksanakan Ujian Potensi Pegawai Kementerian Kesehatan RSUP Kandou, Jabatan Fungsional Utama dan Ahli Madia, Selasa (21/03/2023).

Ujian potensi tersebut berlangsung selama 2 hari dengan jumlah peserta 289 ASN itu, Direktur Utama (Dirut) RSUP Kandou Manado Dr, dr Jimmy Panelewen SpB-KBD, bersama Direktur SDM Pendidikan dan Umum Dr,dr Ivonne.E.Rotty,M.Kes turut menjadi peserta bersama dengan pegawai RSUP Kandou lainnya.

Dirut Panelewen mengatakan, uji potensi ini merupakan kegiatan yang secara reguler harus dikerjakan kepada pejabat-pejabat fungsional.

"Ujian potensi ini sebenarnya untuk melihat kemampuan seseorang untuk bisa mengorganize atau bisa memimpin, kemudian berpikir atau intelegensi dan psikologisnya," ujar Panelewen,usai ujian potensi.

Dikatakannya Dirut kegiatan ini bertujuan , supaya sudah ada pemetaan terkait potensi pejabat yang ada di RSUP Kandou. "Hasil uji potensi akan di kirim paling lambat 31 Maret di Kementerian Kesehatan. Hasil ini menentukan seorang menjadi pemimpin dan direktur. Juga kenaikan pangkat," ungkap Dirut Panelewen.

Sementara itu, Direktur SDM Pendidikan dan Umum Dr,dr Ivonne.E.Rotty,M.Kes menjelaskan kegiatan ini merupakan ketentuan terbaru Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Pelayanan Kesehatan. Karena sesuai aturan seluruh pejabat fungsional harus mengikuti uji potensi.

"Nama yang mengikuti tes potensi ini, bukan kami yang memilih. Tapi dari Kementerian yang memilih. Saya bersama pak Dirut mengikuti hari ini, karena telah mengikuti tes potensi empat tahun lalu. Aturannya itu setiap dua tahun harus mengikuti lagi. Jadi kami mengikuti hari ini," pungkasnya.***(Hukormas)