RSUP Kandou Gelar Seminar "Bulan Bedah Anak" Untuk Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Soal Kelaianan Bawaan

Sun, 06 Oct, 2024


RSUPKANDOU.COM, MANQDO - Untuk meningkatakan pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai kelainan bawaan pada anak, serta memberikan informasi penanganan pencegahannya, Minggu (06/10) RSUP Prof Dr R.D Kandou Manado menggelar seminar yang bertajuk "Bulan Bedah Anak: Kenali Kelaianan Bawaan Pada Anak, di aula lantai dua RS Kandou Manado, yang juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia melalui link zoom.

Seminar ini menghadirkan narasumber yang berpengalaman dan berkompeten dibidangnya, mereka adalah Dr. dr. Harsali Lampus, Sp.BA, Subsp.DA (K),  ahli bedah anak yang memiliki spesialisasi dalam penanganan kelainan bawaan pada anak. dr. Candy, Sp.BA, SubSp.Bped (K),  ahli bedah anak yang memiliki spesialisasi dalam bedah pediatrik, khususnya dalam penanganan kelainan bawaan.Dr. dr. Joice Sondakh, Sp.OG, Subsp.Obsginos, ahli kandungan, membahas mengenai pencegahan kelainan bawaan pada anak sejak masa kehamilan. dr. Jose Mandey, Sp.A (K),  ahli anak yang memberikan informasi mengenai penanganan  kelainan bawaan pada anak.Dr. dr. Johnny Lambert Rompis, Sp.A (K), ahli anak yang membahas mengenai aspek penting dalam penanganan  kelainan bawaan pada anak.

Acara dibuka oleh Dirut, Dr,dr Ivonne Elisabeth Rotty,M,Kes, yang diwakili Direktur Pelayanan Medik Keperawatan dan Penunjang RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado, dr. Jehezkiel Panjaitan, SH, MARS. Dalam sambutannya, Panjaitan menekankan pentingnya peran masyarakat dalam memahami dan mencegah kelaianan bawaan pada anak.

Pimpinan rumah sakit Kandou menyampaikan terima kasih kepada tim panitia yang sudah menginisiasi kegiatan ini.  "Seminar ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai kelaianan bawaan pada anak, sehingga dapat dilakukan upaya pencegahan dini dan penanganan yang tepat." ujar dr. Jehezkiel Panjaitan. 

Menurut Panjaitan kegiatan ini menjadi moment penting untuk menambah pengetahuan terhadap Kelaianan Bawaan Pada Anak.

"Orang tua harus bisa mengenali lebih dini, ketika ada perubahan kelainan pada anak, langsung dilakukan pemeriksaan medis, oleh sebab itu manfaatkan seminar ini dengan sebaik baiknya," pungkasnya.

Disisi lain ketua panitia dr.Harsali Lampus saat menyampaikan laporan kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini  merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan yang dilakuakan dalam rangka Bulan Bedah Anak Nasional, sebagai salah satu wujud pengabdian dari tenaga kesehatan, khususnya bagian bedah anak.

"Adapun target dari pada seminar ini yaitu keluarga pasien yang dirawat di RS Kandou, tapi kami juga membuka link zoom yang bisa diikuti oleh masyarakat umum,"katanya.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Direktur Utama RS Kandou, Dr.dr Ivonne Elisabeth Rotty,M.Kes, CHRA FISQua, bersama dewan direksi.(Humas Kandou)